mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Industri Perancangan Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System) Terhadap Jadwal Induk Produksi pada Unit Produksi PD. Aneka Industri dan Jasa (PDAIJ) Sumatera Utara. PD. Aneka Industri dan Jasa Sumatera Utara merupakan sebuah perusahaan daerah yang bergerak dalam bidang percetakan yang berproduksi berdasarkan pesanan (make-to-order).

Dalam Skripsi Teknik Industri Perancangan Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System) Terhadap Jadwal Induk Produksi pada Unit Produksi PD. Aneka Industri dan Jasa (PDAIJ) Sumatera Utara ini dijelaskan bahwa saat pesanan datang, perusahaan selalu menyetujui transaksi tanpa meninjau terlebih dahulu sumber daya yang tersedia. Perusahaan juga mengerjakan pesanan dengan hanya mempertimbangkan kebijakan dari kepala bagian produksi tanpa berdasarkan analisis dan penjadwalan. Cara ini dapat menimbulkan kegagalan perusahaan dalam memenuhi pesanan sesuai dengan batas waktu, di samping kemungkinan harus mengadakan kerja lembur (overtime) pada saat pekerjaan menumpuk.

Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan suatu alat bantu analisis dan penjadwalan untuk mengembangkan sistem pendukung keputusan yang lebih efektif. Alat bantu analisis dan penjadwalan yang dirancang worksheet aplikasi yang diintegrasikan dengan sistem pendukung keputusan. Worksheet aplikasi dirancang dengan Microsoft Excel Macro 2007. Metode pengembangan sistem aplikasi yang digunakan adalah dengan pendekatan SADT (Structured Analysis and Design Technique).

Worksheet aplikasi menyusun Jadwal Induk Produksi (penjadwalan) berdasarkan pada jumlah dan jenis pesanan yang datang dan kemudian menganalisis kapasitas berdasarkan penjadwalan yang dilakukan dengan memperhatikan waktu baku serta kapasitas tersedia pada tiap stasiun kerja.

Hasil integrasi worksheet aplikasi dengan sistem pendukung keputusan ditunjukkan pada pemberian alternatif keputusan terhadap pesanan yang datang, yaitu pesanan dapat dipenuhi dan pesanan tidak dapat dipenuhi. Pengambilan keputusan pemenuhan pesanan pada perusahaan biasanya membutuhkan waktu harian bahkan bulanan tanpa ketepatan waktu, sedangkan dengan menggunakan sistem pendukung keputusan yang dirancang, waktu yang dibutuhkan hanya antara 10 – 15 menit. Skripsi Teknik Industri Perancangan Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System) Terhadap Jadwal Induk Produksi pada Unit Produksi PD. Aneka Industri dan Jasa (PDAIJ) Sumatera Utara.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Teknik Industri

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!