mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik  Industri Perancangan Ulang Tataletak Fasilitas dengan Metode Grafik dan Algoritma CRAFT Pada PT. Prima Indah Saniton. PT. Prima Indah Saniton merupakan jenis perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pembuatan Sanitary Ware. Jenis-jenis produk yang dihasilkan oleh PT. Prima Indah Saniton adalah kloset jongkok, kloset duduk (water closet), wastafel dan soap holder.

Dalam Skripsi Teknik  Industri Perancangan Ulang Tataletak Fasilitas dengan Metode Grafik dan Algoritma CRAFT Pada PT. Prima Indah Saniton ini dijelaskan bahwa perusahaan ini berlokasi di Jalan Kebun Lada, Binjai, Sumatera Utara. Setiap jenis produk yang dihasilkan memiliki urutan proses produksi yang sama hanya saja untuk menghasilkan variasi produk tersebut dibutuhkan cetakan yang berbeda.

Pada perusahaan terdapat 8 tempat pencetakan yang dapat diuraikan menjadi, kloset jongkok sebanyak 4 tempat, kloset duduk sebanyak 2 tempat, wastafel dan soap holder masing-masing berjumlah 1 tempat dimana semua tempat pencetakan ini diletakkan secara terpisah sementara stasiun pengerokan sebagai urutan proses produksi setelah stasiun pencetakan cenderung diletakkan dekat ke stasiun pencetakan kloset jongkok namun berjauhan dengan stasiun pencetakan kloset duduk dan soap holder. Selain itu, stasiun pengamplasan dan pelapisan warna juga diletakkan berjauhan dari stasiun pengerokan. Panjangnya jarak pemindahan bahan, aliran material yang tidak beraturan dan susunan beberapa stasiun kerja yang belum efisien merupakan indikator kelemahan dari tataletak yang digunakan.

Dalam upaya meningkatkan efisiensi dan efektifitas dari tataletak bagian produksi, maka dilakukan penyusunan ulang terhadap tataletak yang telah ada dengan mempertimbangkan besarnya momen perpindahan material. Cara yang digunakan dalam penyusunan tataletak yang baru adalah dengan menggunakan metode Grafik dan Algoritma CRAFT.

Tataletak awal lantai produksi perusahaan memberikan momen perpindahan sebesar 728908 meter perpindahan per tahun ditinjau dari jarak antar stasiun kerja. Dari hasil rancangan tataletak kedua metode ini dilakukan perbandingan momen perpindahannya. Dari metode Grafik diperoleh 3 alternatif sebagai bahan pertimbangan, dimana alternatif I memiliki momen perpindahan per tahun sebesar 364156 , altenatif II memiliki momen perpindahan per tahun sebesar 355216 dan alternatif III memiliki momen perpindahan per tahun sebesar 281014.

Dari Algoritma CRAFT diperoleh rancagan tataletak dengan momen perpindahan per tahun sebesar 478591. Dari hasil percobaan, maka alternatif yang dipilih untuk tataletak yang baru adalah alternatif III dari metode Grafik yang memiliki momen perpindahan per tahun sebesar 281014 yang jauh lebih kecil dari momen perpindahan tataletak awal dan dengan tingkat koreksi sebesar 61,45%. Skripsi Teknik  Industri Perancangan Ulang Tataletak Fasilitas dengan Metode Grafik dan Algoritma CRAFT Pada PT. Prima Indah Saniton.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Teknik Industri

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!