mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Skripsi Teknik Informatika Penentuan Jumlah Teller Optimum Dengan Menggunakan Teknik Simulasi ProModel di PT Bank Sumut Cabang Utama Medan. Sistem antrian yang diterapkan pada PT. Bank Sumut Cabang Utama Medan menerapkan sistem antrian FIFO / FCFS (First Come First Serve.

Dalam Skripsi Teknik Informatika Penentuan Jumlah Teller Optimum Dengan Menggunakan Teknik Simulasi ProModel di PT Bank Sumut Cabang Utama Medanini dijelaskan bahwa pada PT. Bank Sumut Cabang Utama Medan terdapat sepuluh teller atau server yang bertugas melayani pelanggan. Setiap pelanggan yang datang wajib mengambil nomor antrian kemudian menunggu untuk dipanggil oleh teller yang kosong dan kemudian melakukan transaksi. Teller yang telah selesai melayani satu pelanggan kemudian menekan tombol agar antrian berikutnya dapat masuk ke unit pelayanannya.

Penggunaan model antrian dapat membantu pihak PT. Bank Sumut Cabang Utama Medan dalam menentukan jumlah teller yang optimum agar proses transaksi dapat berjalan secara optimal. Sehingga pada akhirnya masalah antrian tersebut dapat dikurangi atau bahkan dicegah sehingga nasabah tidak dirugikan dan pihak perbankan dapat memberikan pelayanan yang optimal. Dalam menentukan jumlah Teller optimum digunakan metode simulasi dengan bantuan software ProModel. Analisis sistem antrian dilakukan dengan teknik simulasi.

Parameter yang digunakan dalam menjalankan simulasi adalah waktu antar kedatangan pelanggan dan lama waktu pelayanan. Simulasi yang dijelaskan dalam Skripsi Teknik Informatika Penentuan Jumlah Teller Optimum Dengan Menggunakan Teknik Simulasi ProModel di PT Bank Sumut Cabang Utama Medan ini menggunakan ProModel dan dijalankan sengan waktu siklus selama 8 jam dengan replikasi sebanyak 10 kali kemudian dilakukan verifikasi. Dari hasil analisis data yang dilakukan, dengan menggunakan 10 stasiun pelayanan diketahui waktu menunggu rata-rata seorang nasabah dari hari senin hingga jumat sebesar 2,96 menit, 1,86 menit, 0,67 menit, 1,77 menit dan 1,49 menit dalam sistem.

Sedangkan dengan menggunakan 9 stasiun pelayanan diketahui waktu menunggu rata-rata seorang nasabah dari hari senin hingga jumat sebesar 12,57 menit, 7,28 menit, 2,41 menit, 8,36 menit dan 5,29 menit dalam sistem. Berdasarkan model aspirasi, waktu menunggu maksimal dalam antrian yang dikehendaki oleh perusahaan yaitu tidak lebih dari 5 menit.

Sehingga penggunaan 9 stasiun pelayanan dapat digunakan pada hari rabu karena waktu menunggu rata – rata pelanggan masih berada dibawah 5 menit. Teller pada stasiun pelayanan yang tidak bekerja di hari rabu dapat di tugaskan untuk membantu bagian lain diluar stasiun pelayanan. Selain hari rabu penggunaan 10 stasiun pelayanan sudah efektif digunakan berdasarkan waktu menunggu rata – rata pelanggan. Skripsi Teknik Informatika Penentuan Jumlah Teller Optimum Dengan Menggunakan Teknik Simulasi ProModel di PT Bank Sumut Cabang Utama Medan.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Teknik Industri

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!