mini-sl

Download Kumpulan Skripsi Lengkap:

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Psikologi Lengkap – Hubungan Antara Pemanfaatan Layanan Bimbingan Karir Dengan Perencanaan Karir Pada Siswa Kelas XII SMUN-4 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan layanan bimbingan karir dengan perencanaan karir. Perencanaan karir adalah proses berkelanjutan dimana individu melakukan penilaian diri dan penilaian dunia kerja, merencanakan langkahlangkah yang harus dilakukan untuk mencapai pilihan karir tersebut, dan membuat penalaran yang rasional sebelum mengambil keputusan mengenai karir yang diinginkan.

Pemanfaatan layanan bimbingan karir adalah penggunaan berbagai layanan-layanan dalam bimbingan karir untuk mencapai tujuan pemberian bimbingan karir, yaitu: layanan informasi, layanan penempatan/penyaluran, layanan konseling individual, layanan bimbingan kelompok, layanan konseling kelompok.

Penelitian ini melibatkan 100 orang siswa kelas XII SMUN-4 Medan dengan menggunakan teknik random sampling. Alat ukur yang digunakan untuk variabel pemanfaatan layanan bimbingan karir adalah skala pemanfaatan layanan bimbingan karir dan alat ukur yang digunakan untuk variabel perencanaan karir adalah skala perencanaan karir, yang mana kedua skala tersebut disusun oleh peneliti berdasarkan aspek masing-masing variabel yang tercantum dalam landasan teori.

Hasil uji coba skala perencanaan karir menunjukkan koefisien reliabilitas dengan nilai alpha 0.902 dan nilai validitas bergerak dari 0.308 sampai 0.623, sedangkan untuk skala pemanfaatan layanan bimbingan karir menunjukkan koefisien reliabilitas dengan nilai alpha 0.960 dan nilai validitas bergerak dari 0.399 sampai 0.746. Aitem-aitem yang valid kemudian disusun ulang dan dijadikan alat ukur penelitian setelah diberi penomoran baru. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan teknik analisa data korelasi Pearson Product-Moment dengan menggunakan SPSS version 12.0 for windows.

Hasil utama penelitian menunjukkan ada hubungan positif antara pemanfaatan layanan bimbingan karir dengan perencanaan karir, dengan nilai korelasi rxy = 0.388 dan  = 0.000 (p < 0.05). Sumbangan efektif dari pemanfaatan layanan bimbingan karir dalam perencanaan karir sebesar 15%.

Dapatkan koleksi 5.500 skripsi super lengkap dan berkualitas mulai dari cover, halaman pendahuluan, BAB I s.d BAB VI, penutup, lampiran, sampai daftar pustaka untuk semua jurusan. Silahkan lihat atau klik di sini.


Filed under: Psikologi

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!